-->
BLANTERWISDOM101

JENIS-JENIS DAN SIFAT PLASTIK

Selasa, 26 Desember 2017
Ketika datang ke hadiah promosi, dan bahkan barang yang kami gunakan di sekitar rumah, tidak ada bahan yang lebih penting daripada plastik. Baca terus untuk mengetahui tentang jenis plastik dan kegunaannya, serta kode identifikasi resin yang digunakan untuk produk plastik populer yang Anda gunakan hampir setiap hari.
Plastik merupakan komponen penting dari banyak produk konsumen, termasuk botol air dan kontainer produk. Namun, tidak semua jenis plastik sama. Lihatlah jenis plastik dan contoh produk yang paling umum dengan masing-masing kode resin plastik:
Pada tahun 1988, Society of the Plastic Industry (SPI) membentuk sistem klasifikasi untuk membantu konsumen dan pendaur ulang mendaur ulang dengan benar dan membuang setiap jenis yang berbeda berdasarkan susunan kimianya. Saat ini, produsen mengikuti sistem pengkodean dan menempatkan nomor, atau kode SPI, pada setiap produk plastik, biasanya dicetak ke bawah. Meskipun Anda harus selalu memverifikasi nomor klasifikasi plastik dari setiap produk yang Anda gunakan, terutama jika Anda berencana untuk mendaur ulangnya, panduan ini memberikan garis besar dasar dari jenis plastik berbeda yang terkait dengan setiap nomor kode.
Saat ini, produsen mengikuti sistem pengkodean dan menempatkan nomor, atau kode SPI, pada setiap produk plastik, biasanya dicetak ke bawah. Meskipun Anda harus selalu memverifikasi nomor klasifikasi plastik dari setiap produk yang Anda gunakan, terutama jika Anda berencana untuk mendaur ulangnya, panduan ini memberikan garis besar dasar dari jenis plastik berbeda yang terkait dengan setiap nomor kode.

Berikut Jenis-jenis plastik Plastik Beserta Kodenya


1. SPI 1 / PETE / PET

Plastik yang ditandai dengan Kode SPI 1 dibuat dengan polyethylene terephthalate, yang juga dikenal sebagai PETE atau PET.

Plastik yang ditandai dengan kode SPI 1 dibuat dengan polyethylene terephthalate, yang juga dikenal dengan PETE atau PET. Wadah berbasis PETE terkadang menyerap bau dan rasa dari makanan dan minuman yang tersimpan di dalamnya. Barang yang terbuat dari plastik ini biasanya didaur ulang. Plastik PETE digunakan untuk membuat banyak barang rumah tangga biasa seperti botol minuman, toples obat, stoples selai kacang, sisir, tas kacang, dan tali. PETE daur ulang digunakan untuk membuat tas jinjing, karpet, bahan fiberfill dalam pakaian musim dingin, dan banyak lagi.

Plastik PETE menghasilkan 96% botol plastik dan kontainer di Amerika Serikat, namun hanya 25% dari produk ini yang didaur ulang. Dengan memperhatikan dan memastikan untuk mendaur ulang kode 1 plastik, banyak produk baru dapat dibuat termasuk: tekstil, karpet, sarung bantal, dan bahkan jaket pelampung!

2. SPI 2 / HDPE

Kode SPI 2 mengidentifikasi plastik yang dibuat dengan high density polyethylene, atau HDPE. 
Produk HDPE sangat aman dan tidak diketahui bisa melepaskan bahan kimia apapun ke dalam makanan atau minuman. (Namun, karena risiko kontaminasi dari zat yang dipegang sebelumnya, mohon diperhatikan: TIDAK AKAN aman untuk menggunakan kembali botol HDPE sebagai wadah makanan atau minuman jika pada awalnya tidak mengandung makanan atau minuman!) Produk 

HDPE biasanya didaur ulang. Item yang terbuat dari plastik ini termasuk wadah untuk susu, oli motor, shampo dan conditioner, botol sabun, deterjen, dan pemutih. Banyak mainan yang dipersonalisasi juga terbuat dari plastik ini. Daur ulang HDPE digunakan untuk membuat peti plastik, kayu plastik, pagar, dan banyak lagi.

HDPE adalah plastik daur ulang yang paling sering karena tidak akan pecah saat terkena panas atau dingin yang ekstrem. Menurut EPA, 12% kantong plastik dan film didaur ulang pada tahun 2007. Tentu saja, kami ingin pindah ke masyarakat dengan tas yang dapat digunakan kembali dibandingkan dengan menggunakan berbagai toko kelontong plastik.

3. SPI 3 / PVC


Plastik berlabel dengan kode SPI 3 dibuat dengan polyvinyl chloride, atau PVC.
Plastik berlabel dengan kode SPI 3 dibuat dengan polyvinyl chloride, atau PVC. PVC tidak sering didaur ulang dan bisa berbahaya jika tertelan. PVC digunakan untuk semua jenis pipa dan ubin, tapi paling sering ditemukan di pipa ledeng. Plastik jenis ini seharusnya tidak bersentuhan dengan makanan. Daur ulang PVC digunakan untuk membuat lantai, penggilingan rumah mobil, dan barang kelas industri lainnya.

PVC adalah salah satu bahan daur ulang yang kurang, umumnya kurang dari 1% plastik PVC didaur ulang setiap tahunnya. Ini disebut "racun plastik" karena mengandung banyak racun dan berbahaya bagi kesehatan dan lingkungan kita.

4. SPI 4 / LDPE


Plastik Ditandai Dengan Kode SPI 4 Dibuat Dengan Polietilen dengan Densitas Rendah, Atau LDPE
Plastik yang ditandai dengan kode SPI 4 dibuat dengan low density polyethylene, atau LDPE. LDPE tidak biasa didaur ulang, namun dapat didaur ulang di area tertentu. Ini cenderung bersifat awet dan fleksibel. Ini juga tidak diketahui melepaskan bahan kimia berbahaya ke dalam benda yang berkontak dengannya, menjadikannya pilihan yang aman untuk penyimpanan makanan. Bungkus cling plastik, tas sandwich, botol yang bisa dimetikan, dan tas belanjaan plastik semuanya terbuat dari LDPE. Daur ulang LDPE digunakan untuk membuat tong sampah, kayu, furnitur, dan banyak produk lainnya yang terlihat di dalam dan di sekitar rumah.

Kemasan dan kontainer mencapai sekitar 56% dari seluruh sampah plastik, 75% diantaranya berasal dari rumah tinggal. Untungnya, banyak program daur ulang berkembang untuk bisa menangani produk LDPE. Ini berarti lebih sedikit akan berakhir di tempat pembuangan akhir dan berdampak negatif terhadap lingkungan!

5. SPI 5 / PP


Konsumen Akan Menemukan Kode SPI 5 Item Plastik Yang Dibuat Dengan Polypropylene Atau PP.
Konsumen akan menemukan kode SPI 5 pada barang plastik yang dibuat dengan polypropylene, atau PP. PP bisa didaur ulang tapi tidak diterima untuk didaur ulang seperti umumnya seperti PETE atau HDPE. Jenis plastik ini kuat dan biasanya bisa menahan suhu yang lebih tinggi. Di antara banyak produk lainnya, digunakan untuk membuat popok plastik, Tupperware, wadah margarin, kotak yogurt, botol sirup, botol resep, dan beberapa cangkir stadion. Tutup botol plastik sering dibuat dari PP juga. PP daur ulang digunakan untuk membuat pencakar es, garu, kabel baterai, dan barang sejenis yang perlu tahan lama.

Hanya sekitar 3% produk polypropylene yang didaur ulang di AS, namun cukup menarik 325 juta pon plastik non-botol dikumpulkan untuk didaur ulang. Dengan kata lain, banyak plastik ini dibuat setiap tahun, namun sebagian kecil saja sebenarnya didaur ulang.

6. SPI 6 / PS


Plastik Ditandai Dengan Kode SPI 6 Dibuat Dengan Polystyrene, Juga Dikenal Sebagai PS Dan Paling Sering Dikenal Sebagai Styrofoam.
Plastik yang ditandai dengan kode SPI 6 dibuat dengan polistiren, juga dikenal sebagai PS dan paling umum dikenal dengan styrofoam. PS bisa didaur ulang, tapi tidak efisien; daur ulang itu membutuhkan banyak energi, yang berarti hanya sedikit tempat yang menerimanya. Cangkir kopi sekali pakai, kotak makanan plastik, alat makan plastik, busa pengepakan, dan pengepakan kacang dibuat dari PS. Daur Ulang PS digunakan untuk membuat berbagai jenis produk, termasuk isolasi, bingkai pelat, dan penguasa adat.

Karena polystyrene ringan dan mudah dibentuk menjadi bahan plastik, namun mudah pecah sehingga lebih berbahaya bagi lingkungan. Pantai-pantai di seluruh dunia dikotori dengan potongan-potongan polystyrene, membahayakan kesehatan hewan laut. Bahan ini menyumbang sekitar 35% bahan TPA AS.

7. SPI 7 


Kode SPI 7 digunakan untuk menunjuk jenis plastik yang tidak ditentukan oleh 6 kode lainnya.
Kode SPI 7 digunakan untuk menunjuk berbagai jenis plastik yang tidak ditentukan oleh enam kode lainnya. Polikarbonat dan polilaktida termasuk dalam kategori ini. CD dan DVD Plastik Jenis plastik ini sulit untuk didaur ulang. Polycarbonate, atau PC, digunakan dalam botol bayi, botol air besar (kapasitas multi galon), compact disc, dan wadah penyimpanan medis. Daur ulang plastik dalam kategori ini digunakan untuk membuat kayu plastik, di antara produk lainnya.

Banyak produk BPA termasuk dalam kategori ini, yang berarti lebih baik menghindari # 7 plastik, terutama untuk produk makanan. Tidak mudah memecah plastik ini begitu tercipta, kecuali jika terkena suhu tinggi. Kompos halaman belakang yang khas tidak cukup kuat untuk merombak bahan plastik ini.

Mengapa saya harus peduli?
Belajar tentang berbagai jenis plastik dan kode resin SPI dapat membantu konsumen seperti Anda membuat keputusan yang lebih tepat terkait dengan kesehatan Anda. Plus, yang memiliki pengetahuan tentang 7 jenis plastik dapat membantu pendaur ulang menyusun materi mereka dengan lebih efektif.

Memahami Plastik Anda
Sementara kode resin plastik tidak harus menunjukkan toksin yang digunakan dalam plastik, berguna untuk membedakan antara berbagai jenis plastik. Kode SPI untuk plastik membantu Anda lebih memahami produk yang Anda gunakan dan bagaimana pengaruhnya terhadap kesehatan dan lingkungan Anda.

Produk yang kami gunakan dapat berdampak serius terhadap lingkungan, oleh karena itu mengapa mengidentifikasi kode SPI plastik lebih penting sekarang daripada sebelumnya. Beruntung, sebagian besar berbagai jenis plastik relatif mudah untuk didaur ulang. Tanyakan pada layanan daur ulang lokal Anda untuk mengetahui jenis plastik apa yang dapat diterima.


Daur ulang adalah cara penting untuk memastikan keberlanjutan dan planet hijau bagi generasi mendatang. Menjadi sadar dengan plastik Anda dapat membuat semua perbedaan di dunia untuk kesehatan lingkungan. Sebenarnya, untuk setiap 1 ton plastik yang didaur ulang, sekitar 7 meter dari tempat pembuangan akhir akan disimpan. Dan dengan 80% orang Amerika memiliki akses mudah ke program daur ulang plastik, tidak ada alasan untuk bersikap selain hijau!

Ingat, konsumen yang diinformasikan dapat meminta agar produsen plastik menyediakan produk yang lebih baik. Jadi ingatlah nomor klasifikasi plastik dan jenis plastik ini, dan jangan lupa untuk menempatkan pengetahuan baru Anda untuk digunakan-selalu periksa kode klasifikasi produk sebelum mendaur ulang atau menggunakannya kembali!
Share This :

0 komentar